Kiat Maato Gulo Jadi Pengusaha Muda Sukses Nias

Pengusaha Muda Nias Gulo

Saya menjadi pengusaha muda Nias sukses, mungkin bulan depan sudah jadi pengusaha Nias. Saya Maato Gulo seorang pengusaha dari pulau Nias, dan untuk menjadi sukses pengusaha muda nias saya membagikan bagaimana carannya serta  harus memulai dengan usaha apa ?

Pertama yang harus bapak lakukan adalah menambah wawasan tentang bisnis dan segala seluk beluk yang melingkupinya.Banyak membaca tuntas buku-buku terbaru saja JANGAN MAU SEUMUR HIDUP JADI ORANG GAJIAN. Disana dibahas tuntas dari mulai motivasi, memilih usaha yang cocok untuk anda jalankan, 8 cara bisnis tanpa modal, meningkatkan omzet bisnis, mengelola keuangan dan SDM, memenangkan persaingan, bangkit lagi bila bangkrut sampai membuat sistem sehingga bisnis bisa jalan sementara yang punya bisa jalan-jalan.

Langkah kedua adalah dengan mengetahui secara detail dan jelas bisnis apa yang akan bapak bangun. Seperti apa wujudnya, berapa besar ukurannya, berapa jumlah karyawannya, berapa modal yang dibutuhkannya. Disarankan kalau bapak sudah punya gambaran seperti yang ada di kepala bapak, maka bapak silahkan pergi ke tempat usaha seperti yang ada di kepala bapak.Sebagai contoh kalau gambaran itu adalah rumah makan seperti rumah makan Sederhana, maka makanlah dulu disana, duduk dan amati bagaimana cara penyajiannya, desain interiornya, pelayannya, dapurnya harganya, menu2nya dst hingga tidak ada bagian dari tempat itu yang tak terlewatkan. Berbicara dengan pemiliknya, pegawainya, pelayannya, kokinya dst. Mengapa hal ini perlu bapak lakukan.

Dalam ilmu bisnis perlu dipelajari (NLP, NAC, Hypnosis, dll) ini disebut dengan modeling. Bapak telah membuat gambar tiruan (seolah2 restoran yang bapak idam2kan sudah tergambar di otak bapak) sehingga dengan demikian otak akan menuntun bapak untuk melakukan next step atau langkah berikutnya yang terkadang tak pernah terpikirkan sama sekali. Dan selanjtunya libatkan Tuhan. Dan apabila kamu telah memiliki tekat yang bulat maka berserahlah kepada Tuhan.

Saudara Maato Gulo yang diberkati Tuhan. Beruntung sekali saudara yang masih sangat muda sudah punya cita-cita untuk jadi pengusaha dan waktu yang tepat adalah SEKARANG !! Pertanyaan yang saudara ajukan sudah sangat sering saya dengar, tapi baiklah akan saya uraikan bagaimana cara berfikir yang benar (sebagai basic) untuk menjadi pengusaha:

1.Mengapa orang tidak juga menjadi pengusaha meskipun keinginan itu sudah terpendam puluhan tahun dalam dirinya? Jawabannya bisa beragam tapi bisanya seperti ini: tidak tau mau mulai dai mana? Tidak berani alias takut gagal? Tidak punya modal? Bingung mau bisnis apa? Nggak ada yang dukung? dan sejuta alasan lainnya. Nah untuk mengatasi orang semacam ini yang dibongkar adalah cara berfikinya, mind setnya, paradigmanya.

2.Setelah semangat dan terbakar untuk jadi pengusaha, biasanya dia akan berkata lagi,”Tapi saya mau bisnis apa ya?

3.Setelah tau mau bisnis apa dia akan berkata lagi,”Tapi saya ngak punya modal?” (saya ajarkan di bab 16, Delapan Cara Bisnis Tanpa Modal).

4.Setelah modal ada biasanya bisnis bisa jalan, tapi kembali mereka mengeluh lagi,”Sudah tiga tahun kok bisnis saya gini-gini aja Pak?” dengan ilmu dari Brad Sugars – LEVERAGE: Bagaimana meningkatkan omzet dan profit bisnis 5.300% dalam waktu 5 bulan.

5.Promosi dan Marketing yang efektif juga.

6.Tapi timbul masalah lagi? Meskipun cabang banyak, omzet naik tapi duitnya nggak tau kemana ya? Biasanya mereka tidak bisa membedakan kantong kanan dan kantong kiri. Uang bisnis dan uang belanja dapur. Makanya belajar tentang trik dan tips keuangan singkat.

7.Bisnis nggak cuma kita seorang ada banyak persaingan. Oleh karena itu tentang persaingan jadi sangat penting diketahui agar kita bisa memenangkan kompetisi dalam bisnis yang semakin ketat.

8.Kadang dalam persaingan kita harus kalah dan bangkrut. Nah ilmu bangkit kembali setelah bangkrut ini tidak dimiliki semua orang. Hanya the real champion saja yang memilikinya.

9.Bisnis yang baik dan maju tentu saja bukan single fighter. Dibutuhkan tim yang handal.

10.Terakhir membuat sistem bisnis sehingga bisnis bisa jalan sementara kita sebagai pemilik bisa jalan-jalan

Semoga Bermanfaat.
Belajar Lagi Lebih banyak tentang bisnis

Satu Tanggapan

  1. inspiratif… dan jadi contoh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: