5 Tahun Sudah : Dimanakah Beritamu Kini !

Drs. Ohia’ö Halawa : 90% Masyarakat di Nias Miskin

ohiaoJangan menganggap kita tidak memiliki problem besar. Masyarakat Nias di perantauan, khususnya di Jakarta, mungkin tidak begitu merasakannya. Namun perlu diketahui bahwa 90% Masyarakat Nias di Nias tergolong Miskin. Hal ini ditegaskan oleh Ohia’ö Halawa, ketua salah satu LSM di Nias, pada kesempatan bincang-bincang dengan NiasIsland.com, Minggu (30/5/2004).

Seperti diketahui, Ohia’ö baru-baru ini dibebaskan dari penjara karena tidak terbukti bersalah merambah hutan. Mengenai hal ini, Ohia’ö menjelaskan bahwa penahanan dia sangat kental dengan pesanan penguasa di Nias. Ini bukan mengada-ngada, nyatanya saya tidak terbukti dan sekarang saya bebas kemana saya pergi, termasuk ke Jakarta ini.

Dia yang selama ini dikenal kritis terhadap Bupati Binahati Baeha, SH, masih tetap semangat dalam membicarakan penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh pejabat di Nias. Ada 20 kasus yang saya tangani menyangkut pengaduan masyarakat yang berhubungan dengan penyimpangan pembangunan di Nias. “Itu baru yang masuk ke saya, belum yang melalui LSM lain”, sergahnya. Saya memperkirakan, paling tidak, 50% dana pembangunan di daerah kita diselewengkan oleh para pejabat, tegas alumi Universitas Sumatera Utara ini.

Begitulah Ohia’ö, meskipun dalam pengamatan NiasIsland.Com penampilannya agak lebih langsing dibandingkan sebelumnya, semangatnya tetap tidak surut dalam memperjuangkan apa yang diyakininya. Perjuangan memang mahal dan butuh pengorbanan.

Sumber : Nias Island 30 -05-2004

Satu Tanggapan

  1. Saya merupakan salah seorang teman dari saudara Ohiao Halawa yang hingga kini masihpenasaran tentang keberadaan beliu. Salah satu sifat beliu yang tidak pernah saya lupakan yakni “Jiwa Idialisnya”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: