Nias Selatan, Pemilu Paling Kacau di Indonesia (3)

Anda diajari cara bisnis internet

Penghitungan Ulang Suara Nisel Sarat Konflik

Penghitungan ulang untuk Kabupaten Nias Selatan (Nisel), yang dimulai pukul 20.50 malam ini sarat konflik. Hal ini berkaitan dengan tidak turut dihitungnya dua kecamatan, karena tidak adanya keberatan dari parpol yang ada di kecamatan tersebut.

Acara yang dibuka oleh Ketua KPUD Sumut Irham Buana Nasution langsung diwarnai dengan protes caleg dari PDI Perjuangan Analisman. Dalam protesnya, Analisman mengatakan seharusnya jika melihat UU No 10 2008, setelah rekapitulasi di tingkat Provinsi lima hari, barulah setelah itu dapat dilaksanakan perhitungan ulang.

“Tapi ternyata sekarang sudah melewati batas waktu tersebut sehingga seharusnya tidak bisa dilakukan penghitungan ulang lagi,” kata Analisman dalam interupsinya.

Segala kecurangan yang terjadi sebelumnya,seharusnya dilaporkan dan diberikan sanksi administrasi dan hukum, bukan melakukan penghitungan ulang. Hal ini bertentangan dengan pendapat dari wakil bupati Nisel, Danil Duha.

Dari awal, Danil Duha sudah mencurigai adanya rekayasa rekapitulasi suara yang dilakukan oleh pihak KPPS, karenanya mereka meminta berkas surat suara yang ada di Kabupaten Nisel agar dihitung seluruhnya.

Kemudian indikasi lain tentang kecurangan, Danil sendiri menyaksikan kertas suara yang berada di kantor camat telah dicuri oleh salah satu parpol.

“Ini merupakan hal yang sangat memalukan bagi Pemkab Nias Selatan. Terkesan Pemkab Nias Selatan tidak dapat menjaga keamanan sehingga harus dilakukan di Medan,” kata Danil.

Penghitungan ulang Kabupaten Nisel ini memang sarat dengan konflik, mulai dari keberatan beberapa pihak juga masalah surat suara yang dimasukkan ke dalam karung goni saat dibawa ke Medan. Apalagi surat suara tersebut sempat menginap satu malam sebelum di bawa ke Medan.

“Kami sangat menyesalkan adanya isu jika pelaksanaan perhitungan ulang di Kabupaten Nias Selatan akan terjadi pertumpahan darah,” tandas Danil Duha.

Anda diajari cara bisnis internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: