ARUNI = Aliansi Reformasi Untuk Nias Indah

Aruni merupakan kaukus kumpulan pemikir dan pekerja yang menginginkan Nias menjadi indah dan untuk mewujudkan Nias indah maka diperlukan reformasi di segala aspek dan yang terutama dan pertama adalah aspek sumber daya manusianya yaitu personil yang berperan sebagai decision maker baik yang ada di eksekutif maupun di legislatif di semua level. Demikianlah awal pembicaraan yang disampaikan kepada beberapa orang yang hadir pada satu pertemuan di Medan bulan Juni 2008 lalu oleh bapakAHH salah seorang penggagas ARUNI.

Seperti apakah action yang dilakukan ARUNI untuk merealisasikan goal tersebut ? tanya salah seorang peserta pertemuan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut bapak HD salah seorang penggagas lainnya yang sengaja datang dari Pulau Nias ke Medan menjelaskan bahwa langkah yang pertama adalah mengumpulkan teman-teman yang peduli akan Nias baik yang ada di Nias maupun diluar Nias demikian juga personilnya bukan mesti orang Nias, kita bersyukur bahwa setelah tsunami dan gempa bumi menimpa daerah kita banyak masyarakat dari luar Nias yang peduli akan Nias dan mereka mulai mengenal Nias dan keadaan masyarakatnya disana yang walaupun sudah lebih dari setengah abad Indonesia merdeka tapi kondisi Nias bukannya semakin lebih baik tetapi malah semakin miskin masyarakatnya, pembangunannya boleh dibilang tak ada sama sekali infrastruktur publik sangat parah seperti transportasi darat, laut dan udara. ini keadaan sebelum bencana alam menimpa Nias atau tahun 2004 kebawah.

Artinya sekarang ini yang peduli terhadap Nias bukan hanya masyarakat yang berasal dari Nias tetapi sudah banyak masyarakat yang bukan orang Nias, nah saudara-saudara kita seperti ini yang harus kita adakan komunikasi agar memberikan perhatian lebih banyak terhadap menjadikan Nias indah. Tentu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah Nias Indah itu yang bagaimana sih ? sambung pak HD sambil bertanya.

Nias Indah itu sebenarnya sekarang ini setelah masuknya BRR dan NGO dari berbagai negara secara fisik sudah mulai kelihatan seperti jalan raya yang mulus dan bisa menjangkau berbagai tempat ibukota kecamatan dengan kendaraan roda empat, adanya pembangunan sarana pelabuhan dan gedung-gedung pemerintahan. Pembangunan yang sudah dimulai dan sedang dilaksanakan serta akan terus berkelanjutan di Nias ini sudah memasuki area globalisasi dengan banyaknya NGO luar negeri sebagai bagian dari stakeholder, NGO sudah menjadi donatur dan mereka punya kepentingan memantau agar apa yang mereka sumbang itu tepat mengenai sasaran dan terpelihara dengan baik agar memberikan manfaat optimal dalam waktu yang lama dan apabila mereka merasa puas akan pemanfaatan sarana yang telah mereka sumbangkan di Nias maka bukan mustahil di masa yang akan datang mereka tetap menjalin kerjasama dan terus menyumbang untuk Nias.

Terus masalahnya dimana ? pak HD seakan-akan bertanya kepada forum. Masalahnya adalah sumber daya manusia yang bertanggung jawab mengelola dan memelihara aset-aset pembangunan di Nias sekarang dan di masa yang akan datang. Sebagaimana diketahui bahwa yang bisa mengontrol apa yang sudah dibangun maupun yang sedang dibangun BRR di Nias adalah Pemda kabupater serta DPRD Nias dan Nias Selatan, mereka yang paling berperan disamping pengawasan internal BRR serta masyarakat luas secara individu atau kelompok.

Maka satu-satunya jalan agar Nias bisa maju adalah di Pemda dan DPRD harus ditempati oleh orang-orang yang memiliki keinginan Nias secara keseluruhan yang maju bukan seperti yang kita lihat para pejabat hanya menginginkan dirinya sendiri atau keluarganya yang maju dan tidak peduli dengan orang lain. Maka dari itu ARUNI mempunyai tanggung jawab moral untuk menyuarakan agar mulai pada pemilu 2009 serta pilkada yang akan datang masyarakat tidak salah memilih orang-orang yang menjadi anggota DPRD dan Bupati/wakil Bupati di Nias dan Nias Selatan.

Peran apa yang bisa diambil untuk itu ? Tentu dengan memperkenalkan orang-orang yang akan mencalonkan diri menjadi caleg dan cabu/cawabu yang akan datang seperti misalnya meminta masukan dari yang mengenal orang-orang yang mencalonkan diri pada pemilu 2009 sebab banyak orang yang hanya mau mengambil keuntungan buat diri sendiri jika telah menjadi pejabat. Demikian pak HD menutup penjelasannya dengan pesan agar identitas personil ARUNI jangan dibeberkan ke masyarakat demi menjaga investigasi yang dilakukan terus menerus kepada calon-calon pejabat.

ARUNI sampai dengan Agustus tahun 2008 telah memiliki jaringan mulai dari setiap kecamatan di Nias dan Nias Selatan serta beberapa kota di luar pulau Nias. Melalui situs ini ARUNI meminta agar setiap masyarakat yang memiliki informasi mengenai calon pejabat dapat menyampaikannya disini apalagi dalam waktu dekat akan banyak caleg yang maju pada pemilu 2009.

15 Tanggapan

  1. Sangat setuju dengan misi aruni agar ke depan pejabat Nias dapat memelihara aset yang telah disumbangkan ke Nias jangan hanya beberapa tahun setelah BRR selesai maka semua jalan raya di Nias menjadi hancur lagi.

    seperti dulu tahun 1990 ada jalan lintas nias tengah ke Teluk dalam dan Sirombu hanya beberapa tahun sudah hancur karena bupati Hanati Nazara tak bisa pelihara. Jangan pilih Hanati Nazara jadi anggota DPR RI.

  2. Bapak Hanati Nazara, SH tidak mencalonkan diri, jadi tdk usah kuatir krn Pak Hanati sudah istrahat dari panggung politik yang penuh sandiwara ini. Kalau mau pilih DPR pilih saja Drs. Arisman Zaogoto, DR. Yasona Laoli, SH, Esther Telaumbanua sedangkan di DPRD SUMUT pilih Ebenezer Hia, Sudirman Halawa, Fatizaro Hia (orang2 trsb masih bersih).

  3. Suasana dakhi dan kelompoknya jangan dipilih karena mereka semua Suasana, Idealisman, Elkaria Wau telah memecah belah partai Hanura. Jangan dipilih !

  4. Ws,

    Selamat ya kepada Drs. Idealisman Dachi yang sekarang sudah menjadi Mualaf dan masuk PKB sebagai partai Islam Nasionalis.

    Didik Dwi Prasetyo

  5. JANGAN PILIH YANG INI :
    – Drs. OLOZOTUHO HARITA, S.Sos, M.Si
    – AROZATULO GEA
    – DERMAWATI HAREFA, SH
    – FIDELIS GIAWA
    – JULIANUS DOHA STh
    – ASALI LASE, S.Pd, MM
    – ESTHER GN. TELAUMBANUA
    – DARIUS TELAUMBANUA, S.Si
    – Ir. ICHTIAR NDRURU
    – TA’ILAE WAU
    – KURNIA JAYA F. DAELI, SE
    – FONDRARADODO NDRURU, S.KOM
    – OTORITEIT DACHI, Sth, Msi
    – AMOSI TELAUMBANUA
    Alasannya mau cari popularitas dan mau cari harta sebagian.

    PILIHLAH YANG INI :
    Dr. Yasonna Laoly, SH (PDIP)
    Drs. Arisman Zagoto (PDS)
    Otniel Lizaro Waruwu, SE (NO.4 PARTAI PEDULI RAKYAT NASIONAL)
    Alasan : sudah populer sehingga tak mencari popularitas dan sudah mapan sehingga tak cari harta, ini menurut aku sih..hehe

  6. Untuk DPRD Sumatera Utara siapa dong ?

  7. cari aja sendiri….gw gak peduli ama nias. gw bodo amatlah.
    biar tau lu semua ya orang nias tuh suka ngecewain cewe ya.
    buktinya gw pernah temanan ama orang nias, gw ama teman gw ce juga temanan ama co nias yang laen. tau gak lu ujungnya…gw ama teman gw ditinggal..

    dasar…maap ya gw curhat neh

    Intan – Batam

  8. Halo di Intan ? lagi ngambek sama orang Nias. Kalau adik dikecewakan, jangan kuatir, abang bisa atasi.

    Hubungi abang di 08162751469

    Bang Agus Zendrato

  9. Benar juga orang-orang ini Penggembira atau sekedar nempel nama saja, yaitu :
    – Drs. OLOZOTUHO HARITA, S.Sos, M.Si (Partai Hanura no.1)
    – AROZATULO GEA (PPRN no.4)
    – DERMAWATI HAREFA, SH (Partai Gerindra no.5)
    – FIDELIS GIAWA (Partai Gerindra no.5)
    – JULIANUS DOHA STh (Partai Barnas no.6)
    – ASALI LASE, S.Pd, MM (Partai Kedaulatan no.11)
    – ESTHER GN. TELAUMBANUA (PDP no.16)
    – DARIUS TELAUMBANUA, S.Si (Partai Pelopor no.22)
    – Ir. ICHTIAR NDRURU (Partai Golkar no.24)
    – TA’ILAE WAU (PDS no.25)
    – KURNIA JAYA F. DAELI, SE (PDIP no.28)
    – FONDRARADODO NDRURU, S.KOM (PD no.31)
    – OTORITEIT DACHI, Sth, Msi (PKDI no.32)
    – AMOSI TELAUMBANUA (Partai Buruh no.38)
    Alasannya mau cari popularitas dan mau cari harta sebagian kalau kebetulan terpilih sehingga mereka tidak serius.

    BARU PILIH INI YANG SUNGGUH-SUNGGUH :
    Dr. Yasonna Laoly, SH (PDIP no.28)
    Drs. Arisman Zagoto (PDS no.25)
    Otniel Lizaro Waruwu, SE (PPRN no.4)
    Alasan : sudah populer sehingga tak mencari popularitas dan sudah mapan sehingga tak cari harta tetapi sungguh-sungguh memperjuangkan Nias maju.

    Ini hasil investigasi sejak tahun lalu, semoga bermanfaat.

    Yaredi Telaumbanua

  10. Saya pilih utk DPRD I Sumut :

    Mewakili Nias Utara : Fangaro Nazara, SH (No.2 Partai Barnas no.6).
    Mewakili Nias Barat : Sudirman Halawa, SH (No.1 Partai Golkar no.24)
    Mewakili Nias Induk : Basyir Tanjung (No.2 Partai Demokrat no.31)
    Mewakili Nias Selatan : Drs.Penyabar Nakhe (No.1 PDS no.25)
    Mewakili Nias Campur (Utara, Timur,Selatan,Barat,Tengah,Medan,Jakarta atau seluruh dunia maya/internet, dunia gaib, dunia hitam-putih dll) : Ebenezer Hia (No.5 Partai Hanura no.1).

    Hewisa ba, mantap da’ö, andrö uwa’ö böi salah pilih ita dania ba pemilu 9 april 2009.

    Tandrösagö / Ama mböwö Hondrö

  11. Saya baca di kese-kese niasisland.com si Idealisman dakhi sudah jadi mualaf/meluk agama islam sehingga namanya menjadi Haji Drs Muhammad Idealisman Dakhi.

    Katanya juga pergi haji umroh secara diam-diam dan yang menjadi pertanyaan saya, tentu si Drs.HM.Idealisman Dakhi tentu sudah di”sunat” dong, karena di muslim wajib hukumnya disunat sedangkan yaita niha raya lo na laboto ita..

    Ny.Drs.HM.Idealisman Dakhi dapat pengalaman baru dong si gabugo sudah terbuka..selamat menikmati.

  12. Ini ide yang bagus kalau bisa diwujudkan tapi mungkin karena Nias wilayahnya tak begitu luas bisa dilaksanakan.

  13. Kami di kecamatan Lahewa tersiar nama-nama caleg yang pantas di idolakan masyarakat Nias pada pemilu 2009, khususnya untuk anggota DPR RI.

    Yaahowu

  14. Semua salah!
    Yg diketik ama Yaredi Telaumbanua terbalik!
    JANGAN PILIH INI YANG INI :
    Dr. Yasonna Laoly, SH (PDIP no.28)
    Drs. Arisman Zagoto (PDS no.25)
    Otniel Lizaro Waruwu, SE (PPRN no.4)

    Alasan : HANYA MENCARI POPULARITAS DAN HARTA!!!

  15. Aruni harus jelas visi misinya jangan asal, saya mandukung keberadaannya, sdra Idealisman Dachi ? apa benar sudah mualaf atau hanya gosiip saja, ada apa …………..? kenapa mualaf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: