Dr.Yasonna Laoly Caleg DPR RI dari PDIP No.2 Sumut II

* Tak Mudah Wujudkan Perjuangan Politik

Jakarta– Sejak otonomi berlangsung, terjadi implikasi pembagian pajak dari pusat ke daerah-daerah yang semakin kecil, padahal guna memperkuat pemerintahan dan memajukan kondisi prekonomian di daerah, pembagian pajak dari pusat menjadi bagian yang penting. Pembagian yang adil dari pemerintah pusat ke daerah perlu diperjuangan.
Namun, menurut Yasonna H Laoly, calon Anggota Legislatif kepada SH beberapa waktu yang lalu,
upaya memperkuat kondisi prekonomian di daerah ini tidak bisa hanya menunggu pembagian hasil pajak dari pemerintah pusat.
“Pemerintah pusat seharusnya juga memberikan peluang kepada daerah agar dapat mengutip pajak untuk menambah dan memperkuat keuangan daerahnya sendiri,” kata Yasonna.
Bagi Yasonna, kemajuan pemerintahan di daerah punya peran penting dalam meningkatkan dan memakmurkan prekonomian rakyat. Sistem pemerintahan sebaiknya tidak lagi sentralistik tetapi tetap pada otonomi daerah dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia.
Untuk perjuangan inilah, Yasonna mengaku memutuskan untuk kembali menjadi mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Sumatera Utara, entah dari Sumatera Utara I atau Sumatera Utara II.
“Tergantung nanti dipilih dari mana. Ada kemungkinan Sumatera Utara 1 atau Sumatera Utara II. Dari manapun, saya tetap komitmen pada perjuangan masyarakat kecil,” kata Wakil Sekretaris Fraksi PDI-P yang menamatkan S-3 atau gelar doktor di North Carolina State University USA ini.
Menurut pria kelahiran Sorkam Tapanuli Tengah tahun 1953 ini, perjuangan tidak hanya dari sisi ekonomi, tapi juga aspek penegakan hukum. Namun, ini membutuhkan peningkatan sumber daya kejaksaan, kepolisian hingga peran peradilan sampai ke Mahkamah Agung.
Anggota DPR sejak 2004-2009 yang dipercaya sebagai Wakil Pansus RUU Pemilu dan Pilpres ini mengatakan tidak mudah mewujudkan perjuangan politik yang mengarah pada kepentingan rakyat.
Banyak ganjalan yang terjadi bahkan di dalam lingkungan Dewan Perwakilan Rakyat. Kondisi keuangan di DPR keuangan sangat terbatas. Sehingga alokasi untuk kepentingan pembangunan ke daerah pun harus dibagi adil. Kebutuhan di daerah dari alokasi anggaran yang ada juga diperuntukkan bagi pendidikan hingga masalah kesehatan.
Persoalan lain yang juga ditemukan yaitu pemberdayaan di DPR kurang didukung staf ahli. Mengingat waktu kerja anggota dewan memerlukan banyak tambahan tenaga.
“Baru tahun ini kita memeperoleh staf ahli yang mendukung kinerja. Kami di DPR serasa tidak cukup waktu, dan tidak mendapat dukungan tenaga tambahan. Perlu ada penguatan capacity building DPR sebagai institusi. Kadang-kadang overload, ada lemburnya, harus membagi waktu selaku pansus atau kunjungan-kunjungan. Penting pula peningkatan kualitas DPR dalam legal drafting, anggaran, dalam bidang legislasi, dalam bidang pengawasan, perlu peningkatan kinerja, memang ini perlu dukungan infrastruktur tenaga ahli,” katanya.

12 Tanggapan

  1. Saya ucapkan selamat buat pak Laoli semoga sukses

  2. apakah pak Laoly bisa mengalahkan pak Trimedia panjaitan kalau tidak suara pak laoly toh jatuh ke pak Trimedia juga.

    Harus bisa pak Laoly dapatkan suara diluar kab.Nias/Nisel.

  3. Menurut saya pak Yasona Laoly orangnya sangat pintar dan santun padahal dipolitik yang dibutuhkan manuver, cocoknya pak Laoly bukan di politik tapi tak apalah.

    sukses buat bapak Laoly

  4. Yaahowu fefu mbanuada.
    Saya ikuti terus pemberitaan mengenai caleg orang Nias dan saya senang dengan banyak informasi.

    Saya ucapkan selamat kepada :
    Pak Yasonna Laoly
    Pak Arisman Zagoto
    Pak Firman Jaya Daely
    Pak Ebenezer Hia
    Pak Ikhtiar Ndruru
    dan bapak/ibu lainnya

    success for alls and GBU

  5. Kepada bang Yasona hati-hati strategi dari Trimedia Panjaitan, adanya Kurnia Daely, adik Firman Jaya sbg caleg PDIP itu untuk menggembosi suara bang Yasona karena gimanapun caranya si Kurnia tak bakalan dapat jadi anggota dewan.

    Dia berperan memecahkan suara yang ada di Nias biar semuanya jangan jatuh ke abang Yasona dengan kata lain agar suara utk bang Yasona sedikit (kata lainnya mengagalkan) shg Trimedia lagi yang jadi.

    oke good luck

  6. Itukan akal-akalan Firman Jaya Daeli, SH karena kebenciannya kepada Bang Yasona. Kurnia Daeli itu kan Staffnya Trimedia, wajar sajalah dia dipasang memecah suara Yasona.

  7. Halo bang Laoly gimana kabarnya, sudah lama kita tak basuo semenjak saya pindah ke sulawesi.

    bang untuk pemilu kali ini harus diefektifkan jaringan ya bang karena kompetisi semakin ketat namun saya yakin abang sudah mempersiapkan segala sesuatunya.

    nanti kalau saya ke jakarta akan mampir ke lantai 9 ya bang.
    yaahowu

  8. yasonna laoly belanja suara untuk bisa menang di nias selatan. doktor hukum yang melanggar hukum. apalah arti sebuah jabatan demi sebuah keyakinan dan kebenaran. bagaimana hukum bisa tegak, kalau dik laoly memberi contoh yang salah???

  9. selamat dan sukses kepada Bapak Dr. Yasonna Laoly kiranya Tuhan tetap memberkati keluarga. Amin dari Keluarga Besar Panti Asuhan Sahabat Anak Indonesia Medan Jl. Pantai Timur Gg. Makmur No.3@4 Medan Helvetia Sumut.

  10. selamat dan sukses dalam perjuangan pencalonan legislatif periode ini. semoga tuhan selalu memberkati. tapi jangan lupa tentang daerah kita nias ya’ahowu.

  11. kpd bpk yasonna laoly,kmi sgt mnghrpkn agar tdk ikut cmpr dlm hal KKN,krn bpk satu2ny putra daerah nias yg bsa d andlkan

  12. bnar pak, ekonomi masyrakat yg smakin melemah yang membuat negara tdk maju

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: