Sejumlah LSM dan Wartawan Delegasi ke DPRD Nias dan KPUD Sumut

Gunungsitoli, (Analisa)

Dua puluh satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan wartawan yang berada di Kabupaten Nias, Kamis, (9/10) berdelegasi ke DPRD Nias dan anggota Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara, terkait dengan ditemukannya fakta atas keterlibatan Ketua dan anggota Tim Seleksi KPUD Kabupaten Nias dalam salah satu partai.

LSM dan wartawan yang tergabung dalam penyataan sikap itu, DPD LIRA Kabupaten Nias, Jaringan Rakyat Pemantau, Lembaga Umbu Tano Niha, LSM Gerakan Pembaharuan Pembanguan Nias, Pusat Kajian Pembanguan Nias, LSM PHP Kab Nias, DPC KOWRI Kab. Nias, DPC LSM Perlahan Nias LSM LP2KHN, Alianasi Gerakan Nias, wartawan Waspada Perwakilan Nias, Harian Batak Pos Nias.

Wartawan perwakilan Harian Analisa-Nias, Realitas, Harian Andalas, Harian Metro Tapanuli, Harian SIB, Harian berita Medan, Harian Berita Sore dan Wartawan Harian Medan Pos Nias.

Menjadi pimpinan rombongan Ester Tiur Pasaribu dan Herman Jaya Harefa yang menyerahkan pernyataan sikap dan turut didampingi sejumlah LSM serta wartawan lainnya yang berada di Kabupaten Nias.

Kedatangan sejumlah LSM dan wartawan di Kantor DPRD Nias diterima Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias, Srila Baeha di ruang kerjanya.

Dalam isi penyataan sikap tertulis yang dibacakan Herman Jaya Harefa di hadapan wakil Ketua DPRD Nias yakni, menolak hasil pengumuman Tim seleksi Calon Anggota KPUD Kabupaten Nias.

Meminta KPUD Sumut untuk membatalkan hasil pengumuman seleksi calon anggota KPUD Nias tahun 2008, karena dinilai cacat hukum dan melakukan proses penjaringan tim seleksi baru.

Selanjutnya, meminta Dr. Tuhony Telambanua, M.Si dan Sinodya Eunike Telambanua, SH untuk meminta maaf kepada publik atas ketidak jujurannya dalam pemberian surat keterangan saat menjadi anggota tim seleksi dan meminta aparat berwajib untuk mengusut surat penyataan tidak sebagai anggota partai politik yang disampaikan Dr Tuhony Telambanua, M.Si dan Sinodya Eunike Telambanua, SH saat proses penjaringan calon anggota tim seleksi calon anggota KPUD Nias.

Penipuan

Sebelumnya Ester Tiur Pasaribu mengatakan, dalam penjaringan calon tim seleksi KPUD Kabuopaten Nias telah terjadi penipuan dan ketidak jujuran dari para peserta tim seleksi sehingga tim seleksi yang benar-benar kredibel, transparan dan tidak membawa kepentingan politik dari kelompok manapun atau golongan.

Selain itu atas tercantumnya nama-nama para anggota tim seleksi itu juga tidak sesuai dengan peraturan KPU Nomor 13 tahun 2007 yang menyebutkan, syarat menjadi Tim Seleksi Anggota KPU Provinsi/Kabupaten/Kota tidak menjadi anggota atau pengurus patai selama 5 (lima) Tahun terakhir.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Srila Baeha mengatakan, mengucapakan terimakasih yang telah menyampaikan penyataan sikap itu, namun saat ini pihaknya tidak dapat memberikan tanggapan disebabkan ketua DPRD Nias tidak berada di tempat. Pihaknya berjanji dalam waktu yang tidak bergitu lama pihaknya akan segera melaporkan hal ini kepada pimpinan DPRD untuk segera diproses.

Seusai berdelegasi di kantor DPRD Kabupaten Nias, sejumlah LSM dan wartawan menuju ke STT Sundirman Gunungsitoli menjumpai para anggota KPUD Sumut yang kebetulan sedang melakukan seleksi bagi calon anggota KPUD Kabupaten Nias.

Pihak KPUD Sumut meminta kepada para delegasi untuk menunda pertemuan. Namun pihak delegasi melalui Ester Tiur Pasaribu dan Herman Jaya Harefa menyerahkan penyataan sikap kepada Turunan Gulo selaku salah seorang anggota KPU Sumut dan menyatakan untuk tidak mau berdialog lagi cukup hanya dengan menyerahkan surat pernyataan

Satu Tanggapan

  1. Kita harapkan, ini awalnya penentuan apakah pemilu, pilkada yang akan datang BERSIH, TRANSPARAN DAN OBJECTIF jika tim seleksi KPUD NIas saja orang yang penipu ! maka hasil seleksi mereka yaitu Pengurus KPUD Nias pasti cacat ! dan nanti hasil kerja KPUD Nias ini yaitu anggota DPRD dan Kepala daerah pasti akan cacat.

    Tegakkan kebenaran mulai sekarang, maka kebenaran ituakan memedekakan kita.
    Haleluya !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: