Bandara Lasondre Nias Selatan Didarati Pesawat Foker November 2008

Medan (SIB)
Pihak pengelola Bandara Lasondre, Nias Selatan, Sumut menyatakan pada pertengahan November 2008 bandara itu bisa didarati pesawat jenis Foker.
“Pengerjaan ‘overlay’ dan penambahan panjang landasan pacu diperkirakan selesai November dan pertengahan bulan Foker sudah bisa mendarat di Lasondre,” ujar Kepala Satker Bandara Lasondre, Saiful Bahri, di Medan, Kamis.
Dia menjelaskan, saat ini pengerjaan “overlay” atau pelapisan ulang dan penambahan landasan pacu sepanjang 300 meter telah mencapai 85 persen.
Sesuai jadual seharusnya pengerjaan itu selesai Juli 2008, namun karena kesulitan material yang didatangkan dari Sibolga melalui jalur laut mengakibat penyelesaian pekerjaan itu tertunda hingga November mendatang.
Saat ini Bandara Lasondre yang terletak di Kecamatan Pulau-Pulau Batu wilayah Kepulauan Tello memiliki landasan pacu sepanjang 1.100 meter dengan lebar 30 meter.
Dengan kondisi seperti itu Lasondre hanya bisa didarati pesawat kecil jenis Cassa 212 bermuatan 18 orang penumpang. Padahal masyarakat di pulau itu sangat membutuhkan keberadaan bandara itu untuk memasarkan hasil-hasil laut dan pertanian ke luar daerah melalui penerbangan perintis.
Selain itu, dalam delapan bulan terakhir bandara itu juga didarati oleh penerbangan carter dari Kota Padang, Sumbar yang membawa wisatawan asing.
Hingga Juli 2008 jumlah pergerakan pesawat Cassa di Bandara Laondre sebanyak 158 kali dengan total penumpang 1.179 jiwa dan kargo 2,54 ton, dimana 2,24 ton diantaranya merupakan muatan barang ke luar daerah.
Sementara itu, Kabid Keamanan, Keselamatan dan Kelancaran Adiministrator Bandara Polonia, Chairun Nizar, mengatakan, dengan panjang landasan 1.400 meter dan lebar 30 meter maka sejumlah pesawat berbadan kecil bisa mendarat seperti jenis Foker 50, Foker 28, CN-235 dan BAe 146

Satu Tanggapan

  1. Saya berencana mau pesiar ke Nias, tapi saya belum punya informasi akses menuju kesana.

    Dari Medan itu bagusnya saya ke Nias lewat bandara Lasondro atau Binaka atau Hinako, mohon pencerahannya terima kasih sebelumnya.

    Pribadi Suhartono
    Kalbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: