Pulau Sibaranun memiliki ombak yang indah di Kabupaten Nias Selatan

Medan (Medan kita)

Pulau Sibaranun di Desa Sibaranun yang berada di Kecamatan Pulau-pulau Batu Kabupaten Nias Selatan, memiliki ombak yang indah dan banyak dikunjungi turis asing khususnya dari Australia untuk bermain selancar (surfing). Pada tahun 2008 ini, sudah ada 28 group terdiri dari 6 hingga 10 turis asing membooking tempat untuk datang ke Pulau Sibaranun. Kebanyakan dari para turis itu berkewarganegaraan Australia.

Manager Losmen Sibaranun Ecoge David Muliyadi yang diberikan kuasa pemimpin usaha losmen Sudirman Waja, mengatakan hal itu kepada wartawan di Medan, Kamis (27/3) menanggapi adanya pemberitaan yang menyebutkan dua pulau di Nisel yakni Pulau Sibaranun dan Sifika “dikuasai” warga Australia dan diduga dijadikan tempat prostitusi dan arena perjudian antar negara.
Menurut David didampingi seorang pemuda Nisel Mukami Bali, Pulau Sibaranun yang memiliki pantai indah dengan ombak tinggi yang sangat baik dijadikan tempat surfing, dapat ditempuh selama 15 menit dari ibu kota Kecamatan Pulau-pulau Batu dengan menggunakan speed boat.

Di tempat itu tidak ada hotel mewah sebagaimana yang disebutkan, tetapi hanya terdapat sebuah losmen sederhana terbuat dari kayu dan atap rumbia dengan nama “Losmen Sibaranun Ecoge” yang dikelola masyarakat setempat. Bangunan losmen itu hanya terdapat dua kamar dan sebuah cottage. Sedangkan di Pulau Sifika katanya tidak ada lokasi wisata.

“Di losmen itu tidak ada dan tidak akan pernah ada menyediakan prositusi ataupun menjadi arena perjudian antar negara. Dalam mengelola daerah wisata di Pulau Sibaranun, usaha yang dimiliki dilengkapi izin yang dikeluarkan Pemkab Nisel,” ujarnya menjamin.
Para turis asing yang datang ke Pulau Sibaranun masuk dari Padang menggunakan pesawat ke Pulau Tello. Selanjutnya dari Pulau Tello, mereka ke Pulau Sibaranun menggunakan speed boat. ‘Jadi tidak benar kalau ada warga negara asing masuk menggunakan helikopter,” kata David seraya menambahkan Pulau Sibaranun terbuka bagi siapa saja, bukan hanya warga negara asing dan tidak ada diskriminasi terhadap tamu yang datang.

Sementara Mukami Bali menambahkan, memang di Pulau Tello ada helikopter milik Dr Derek Allen dari Yayasan Tropodoc Selandia Baru. Namun helikopter itu saat ini masih dalam kondisi “grounded” karena izin terbangnya masih dalam pengurusan. Helikopter itu katanya, digunakan membawa dokter untuk melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat di Pulau-pulau Batu.
Menurut David dan Mukami, objek wisata di Pulau Sibaranun itu harusnya lebih dipromosikan lagi kepada masyarakat Indonesia dan internasional sehingga banyak turis khususnya turis asing berkunjung ke sana sehingga menambah devisa negara dan meningkatkan pendapatan masyarakat di pulau tersebut.

3 Tanggapan

  1. Tanah Lot juga merupakan salah satu tujuan wisata dunia.

    Visit: http://www.tanahlot.net

  2. menurut saya pulau sibaranun termasuk pulau yg sangat indah di indonesia hanya masih belum betul2 diperhatikan oleh pemerintah sehingga fasilitasnya masih sangat minim. saya sebagai putra asli daerah (p. tello) sangat mengharapkan perhatian yg lebih besar untuk pariwisata di nisel karena potensinya sangat luar biasa..
    yaahowu

  3. nias memang indah, dan pulau2 di tello memang berpotensi luar biasa sebagai daerah wisata bahari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: