MIGA Beach Hotel & Resto Membantu Perjalanan Keliling Pulau Nias

Inilah cottage tempat penginapan di Miga Beach

Bulan Desember dan bulan Juni Juli setiap tahun merupakan saat yang sangat banyak orang mencari informasi untuk perjalanan baik yang pergi keluar kota/daerah untuk rekreasi liburan maupun liburan pulang ke kampung halaman.

Kalau mau liburan ke Bali, Lombok, Sulawesi atau ke Puncak Bogor dan daerah lainnya tidak terlalu sulit untuk mencari informasi tiket perjalanan dan tempat penginapan cukup kita pergi ke biro travel maka apa yang kita inginkan akan terpenuhi semua.

Namun bila mau ke Nias misalnya pulang ke kampung dan sekaligus ingin jalan-jalan ke daerah wisata seperti ke Sorake dan Lagundri di Teluk Dalam, Hulo Asu dan Bawa di Hinako Sirombu, ke Lahewa atau ingin mengelilingi Pulau Nias, maka yang pertama terpikir bagi kita adalah kemana saya mencari inlormasi mengenai tiket perjalanan dan akomodasi seperti tempat penginapan dan restorannya serta kendaraan yang dibutuhkan di perjalanan dan tempat tujuan.

Pemikiran seperti itulah yang menyelimuti saya ketika bulan desember 2007 lalu ada rencana pulang kampung ke Nias dari Pulau Jawa. Kalau mau minta bantuan famili atau teman-teman sih bisa saja namun saya berpikir, buat apa pergi ke Nias kalau merepotkan orang lain lebih baik cari daerah lain saja di Indonesia timur seperti Lombok atau Sulawesi. Rencana saya kalau ke Nias saya akan mengunjungi Lahewa, Alasa dan Tuhemberua selama dua hari satu malam, ke Mandrehe, Sirombu terus ke Pulau Asu dan Bawa di Hinako selama 3 hari 2 malam.

Dari sana terus ke Sorake serta Lagundri dan keliling Teluk Dalam nginap satu malam disana. Kira-kira seperti itu desain plesiran sambil pulang kampung ke Nias tanpa mau merepotkan teman dan famili. Begitu sampai di Gunungsitoli malam pertama nginap di Gunungsitoli sambil keliling melihat sisa-sisa gempa tahun 2005 kalau masih ada. Besoknya berangkat ke Lahewa keliling Tuhemberua, Lotu, Afulu dan malamnya nginap di Lahewa. Besoknya ke Alasa dan malamnya nginap di Gunungsitoli. Hari keempat berangkat ke Mandrehe terus ke Sirombu menuju Hinako ke Pulau Asu dan Bawa, malamnya nginap di Pulau Asu/Bawa, besoknya naik speed boat ke Pulau Bunga dan sekitarnya malamnya nginap di Sirombu besoknya menuju Lölöwa’u dan malamnya nginap di Teluk Dalam, besoknya keliling desa di Teluk Dalam dan malam terakhir atau ke tujuh nginap di Gunungsitolii untuk besoknya kembali melalui Medan. Sambil mematangkan rencana dengan segala finansialnya saya coba cari informasi apakah ada yang bisa menyediakan keperluan perjalanan saya dengan satu orang teman saya tersebut. Yang pertama saya cari adalah agen pesawat merpati yang ada di Nias karena penerbangan ke Nias dilayani oleh Merpati. Dari agen Merpati di Gunungsitoli inilah saya diberikan nomor telepon Miga Beach Hotel setelah saya berkomunikasi melalui telepon dan chating di internet dengan General manager Miga Beach akhirnya saya memutuskan untuk melaksanakan plesiran liburan saya dengan seorang teman saya ke Nias.

Setelah saya memberitahukan schedul perjalanan saya seperti diatas dengan segala keperluannya seperti tiket pesawat, penginapan dan makanan juga kendaraan mobil serta speedboat selama di Nias. Sesudah negosiasi tercapai dan transfer pembayaran saya lakukan tiga hari kemudian saya menerima tiket pesawat di rumah saya di daerah Jawa tengah, tiket Jakarta ke Medan dan Medan ke Gunungsitoli untuk kami berdua. Dari Semarang kami naik kereta api menuju Jakarta dan berangkat ke Medan di Medan kami menghubungi nomor telepon yang diberikan Miga Beach dan petugas Merpati tersebut mengantar kami ke ruang tunggu bandara Polonia Medan untuk berangkat ke Gunungsitoli, Setiba di bandara Binaka Gunungsitoli kami dijemput oleh petugas Miga Beach dan langsung dibawa ke Hotel. Di hotel kami diberikan cottage yang paling bagus kebetulan juga disana Bapak Yason Lase, dirjen bimas kristen sedang menginap. Di Miga Beach ada 20 cottage yang beroperasi dengan dua tempat tidur tiap cottage.

Setelah mandi kami makan dengan menu ikan bakar dan cap cay beserta ikan asin, wah lumayan enaknya apalagi ikan-ikannya masih segar-segar. Untuk perjalanan kami diberikan satu mobil yang bagus beserta supir namun karena kami cukup handal menyetir kami menyetir senri sehingga kami bisa jalan-jalan keliling Gunungsitoli dan tak lupa menikmati hiburan malam di kafe yang ada disana. Malamnya sekembali ke hotel kami menncoba membuka laptop yang kami bawa dan mencoba koneksi hotspot internet yang disediakan oleh Miga Beach, ya lumayan bisa chating ke teman-teman. Sesuai rencana kami menuju kearah Lahewa besok harinya dan kami diantar oleh seorang supir karena perjalanan keluar kota, kami tidak berani menyetir sendiri. Berkeliling daerah Nias utara ke Nias barat terus ke Nias selatan seperti route perjalanan kami.

Di Teluk Dalam kami bisa menikmati hiburan organ tunggal di kafe howu-howu yang berada dipinggir pantai dekat pelabuhan, selesai sekitar jam satu malam, kami menginap di Sorake Beach, disana masih ada tersedia 40 cottage dengan pemandangan yang sangat indah ke arah laut. Selama kami di Sorake Beach Hotel dan Resto kami mendapat pelayanan yang cukup baik dari pegawai-pegawai disana yang dibimbing sanga bijaksana oleh Ibu GM Meiwati Fanaetu, terima kasih Ibu.

Dan tak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Agus Mendröfa, Pelaku bisnis Pariwisata di
Nias yang sangat membantu kami dalam mengarahkan petugas-petugas Miga Beach melayani costomer.

Kami menyampaikan pengalaman kami ini dengan satu harapan apabila ada yang memiliki rencana plesiran atau pulang kampong ke Pulau Nias dan tidak mau merepotkan sanak saudara, maka segala keperluan anda dapat diurus oleh Miga Beach Hotel and Resto, hubungi saja mereka maka anda akan menerima tiket di rumah anda dan siap untuk melakukan perjalanan anda. Selamat mengunjungi Pulau Nias yang sangat indah.

MIGA Beach Hotel & Resto Jl.Diponegoro 507 Gunung Sitoli Nias – Sumatera Utara – Indonesia telepon 0639 21460 Fax 0639 22500 Handphone 08126261444 Email : migabeachhotel@yahoo.com Contact person Bapak Berman Lase atau Bapak Agusman Zalukhu ST.

6 Tanggapan

1. Ini informasi yang sangat berharga yang kita butuhkan supaya bisa komunikasi ke Nias.

Saya harap juga pihak Miga Beach dapat menyediakan akomodasi seperti penginapan dan makanan di semua objek wisata yang ada di Nias termasuk ke Pulau-pulau yang terpencil.

Good Luck

Turman Lase
    Surabaya

2. Bravo Pariwisata Nias, dipublikasikan terus biar bisa semua orang dapat informasi dengan mudah.

Kalau wisatawan sudah ke Nias pasti mereka tak akan kecewa karena objek wisatanya tak ada duanya di dunia.

3. Benar sekali, untung ada penginapan seperti Miga Beach di Gunungsitoli sangat membantu kita yang kampungnya jauh dari Gunungsitoli seperti saya dari kecamatan Gomo.

Liburan sekolah Juli lalu saya pulang kampung dan menginap disini dan saya juga bisa merental mobil untuk transportasi ke kampung saya.

Terima kasih pak Lase dan Pak Zalukhu telah membantu kami.
    Kristian Larosa / Ama Ardian
    Pontianak – Kalbar

4. cerita perjalanannya sungguh menarik. tks

5. Liburan yang menyenangkan ya ke Nias
    salam

6. Thank`s buat info nya pak.. btw,kira kira budget nya berapa pak selama 7 hari perjalanan? Soalnya, bulan july ini ada rencana kesana pak..